ASAM,BASA,GARAM
Masyarakat Bali secara tradisi mengenal adanya enam jenis rasa, yang dikenal sebagai Sad Rasa, yaitu: manis, pahit, sepet (sepat), lalah (pedas), pakeh (asin), dan masem (masam).  Pengenalan terhadap keenam jenis rasa kecap tersebut dijadikan lambang keluasan pengalaman seseorang. 
          Rasa ternyata tidak hanya dikaitkan dengan makanan. Tiga rasa: manis, pedas, dan masam dihubungkan dengan karakter seseorang.  Rasa manis dikaitkan dengan sifat kalem, pedas dengan sifat lincah, dan masam dengan sifat pemalas. 
          Rasa masam, pahit, dan asin juga sering dikaitkan dengan pengobatan.  Rasa masam yang berasal dari buah-buahan diyakini bisa menyehatkan tubuh, namun mesti dihindari jika muncul pada masakan. Buah-buahan dan masakan yang berasa masam juga mesti dihindari oleh pasien yang menderita sakit perut dan lambung. 
          Rasa pahit, walaupun biasanya tidak disenangi, sering dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit menahun.  Daun sambiloto, pepaya, nimba (intaran), pule, dan berbagai tumbuhan yang memiliki rasa pahit sudah terbukti dapat dipakai obat bagi penderita kencing manis, malaria, dan tumor. 


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar