KURIKULUM 2013


Kurikulum Baru Pendidikan Nasional Indonesia 2013
Kurikulum Baru Pendidikan Nasional Indonesia 2013 - Pada tahun 2013 dunia pendidikan Indonesia akan melahirkan terobosan baru yakni akan lahir kurikulum pendidikan nasional yang baru. Saat ini kurikulum pendidikan nasional baru tengah dipersiapkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama tim penyusun. Kurikulum pendidikan nasional baru rencananya akan diberlakukan di tahun ajaran 2013-2014.


Dirilis berbagai media, Kemdikbud saat ini telah membentuk Tim penyusun kurikulum pendidikan baru yang yang dibagi dua tim, yaitu tim pertama bertugas mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan dasar dan pendidikan menengah, sedangkan tim kedua mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan tinggi. Kurikulum pendidikan baru akan menyentuh semua jenjang pendidikan, dari pendidikan dasar sampai ke pendidikan tinggi. Kurikulum baru juga merupakan hasil dari evaluasi pada seluruh mata pelajaran.

Pemerintah mengharapkan penyusunan kurikulum pendidikan nasional yang baru ini rampung pada Februari 2013. Namun sebelum disahkan dan diaplikasikan, pemerintah akan melakukan uji publik terhadap rancangan kurikulum tersebut untuk memperoleh kritik dan masukan dari masyarakat.

Perubahan kurikulum baru pendidikan nasional 2013 sendiri merupakan suatu upaya untuk menyeimbangkan aspek akademik dan karakter. Pendidikan karakter akan lebih banyak di tingkat pendidikan dasar yang dimulai sejak dini, semakin tinggi jenjangnya pelajaran terkait pendidikan karakter berkurang dan diganti dengan pelajaran keilmuan. Penyempurnaan kurikulum baru yang akan dilakukan pada 2013 mendatang juga akan merumuskan kembali mata pelajaran yang terkait dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam pembahasan dan perumusan kurikulum baru pendidikan nasional 2013, Kemendikbud juga akan melibatkan tokoh-tokoh Nasional, tokoh agama, tokoh sastra serta yang lainnya. Seperti ditelusuri, perubahan kurikulum pendidikan nasional baru ini merupakan program besar dari Kemendikbud yang sudah dibahas sejak tahun 2010
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta merupakan cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Tahun 2013 seperti yang diwacanakan, dunia pendidikan Indonesia akan mengalami perubahan kurikulum dari yang sebelumnya dan disaat ini, dan akan memiliki kurikulum pendidikan nasional yang baru

Melihat makna dan pengertian, keterkaitan kurikulum dan pendidikan nasional tentu menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merupakan sarana yang sangat penting dan sangat menunjang dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Seiring perkembangan pendidikan yang harus menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman, kurikulum pendidikan nasional terkadang memang dirasakan tidak akan pernah sempurna. Maka, memang bukanlah menjadi sesuatu yang mengherankan jika kurikulum dapat berubah atau diperbarui dan terus berkembang.

Kurikulum sendiri secara umum tentu akan selalu dievaluasi dan akan disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kekhasan yang dimiliki setiap kurikulum tentu akan terus disesuaikan dengan situasi kemajuan dan tuntutan zaman.

Dilema rencana besar perubahan kurikulum pendidikan nasional baru dari yang sebelumnya dan saat ini, yang direncanakan berlaku 2013 nanti, sedikit banyak tentu akan dinilai beragam. Namun, satu harapan tentunya diharapkan dari setiap insan bangsa tercinta ini.

Semoga dengan kurikulum pendidikan nasional baru akan membawa pembaharuan dan pencerahan pada pendidikan Indonesia untuk terus maju. Salam Pendidikan Indonesiaku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar